Hoaks Seputar Sepak Bola

By :

|

|

Penulis: Budi Indaryadi
Reviewer: Heni Mulyati

Sepak bola. Siapa yang tidak kenal dengan permainan ini? Mengadu kemahiran dalam mencetak gol antartim yang terdiri dari 11 pemain di lapangan hijau telah menyihir dunia, bahkan Piala Dunia Sepak Bola diklaim sebagai acara yang paling menyedot perhatian melebihi Olimpiade sekalipun.


Dalam perhelatan mutakhir World Cup Qatar 2022 yang baru berakhir, menampilkan Argentina sebagai Juara Dunia Sepak Bola setelah mengalahkan Perancis dengan adu penalti. Namun, Argentina bukanlah tim yang tak terkalahkan saat itu. Kejutan terjadi di awal fase grup ketika Arab Saudi mampu mengalahkan Argentina 2-1 menjadi berita besar, bahkan Raja Salman menetapkan satu hari libur nasional untuk menghormati dan merayakan kemenangan tersebut. Satu hal menarik yaitu beredarnya berita bahwa para pemain mendapatkan bonus berupa mobil Rolls Royce Phantom, yang ternyata kemudian terkonfirmasi tidak benar, alias hoaks.


Kemudian, apakah itu satu-satunya hoaks yang pernah terjadi dalam dunia sepak bola? Jawabannya adalah, bukan. Banyak hoaks yang terjadi seputar sepak bola yang sempat menghebohkan publik, terutama melibatkan nama-nama besar dalam dunia sepak bola. Berikut beberapa contoh hoaks di antaranya:


⦁ Maradona
“The hand of God” atau Si Tangan Tuhan, adalah julukan bagi Diego Armando Maradona, atau biasa dikenal sebagai Maradona. Sebutan itu berawal dari aksi legendarisnya saat pertandingan antara Argentina melawan Inggris dalam Perempat Final Piala Dunia 1986 di stadion Azteca, Mexico City, Meksiko.

Dalam pertandingan tersebut Maradona berhasil menyundul bola mendahului kiper Inggris Peter Shilton dalam perebutan bola di udara dan bola meluncur ke gawang Inggris. Pemain Inggris memprotes gol ini karena terlihat Maradona menggunakan tangannya untuk menyentuh bola. Namun wasit tetap menyatakan gol sah. Saat itu belum dikenal adanya teknologi Video Assistant Referee (VAR) sehingga semua keputusan di lapangan adalah kuasa sepenuhnya oleh wasit utama.


Dalam wawancara usai pertandingan, Maradona menyebut “a little with the head of Maradona, and a little with the hand of God”. Seolah menyatakan gol ini bantuan dari “tangan Tuhan”. Pada tahun 2005, atau setelah 19 tahun kejadian itu, Maradona membuat pengakuan dalam acara TV Argentina, La Noche del 10, bahwa dia menggunakan tangannya untuk mencetak gol saat itu.

⦁ Christiano Ronaldo
Pada tahun 2019, beredar foto Christiano Ronaldo memegang pigura dengan kaligrafi kalimat tauhid, dengan narasi “Demi Palestina, Cristiano Ronaldo Sumbang Rp 21,7 Miliar”.
Manajemen pemain yang akrab disebut CR7 ini membuat bantahan yang diterbitkan AFP “Itu keliru, sama seperti cerita lain yang dipublikasikan tentang Cristiano Ronaldo”.
Pada kenyataannya Ronaldo memang cukup sering dijadikan bahan narasi hoaks yang beredar di media sosial. Sementara foto tersebut merupakan editan, di mana sebenarnya adalah foto Ronaldo menjadi Kapten Timnas Portugal, dalam pertandingan persahabatan melawan Brasil pada 2006.

⦁ Pele
Edson Arantes do Nascimento atau akrab disapa Pele, adalah legenda sepak bola asal Brasil, pemenang tiga Piala Dunia Bersama tim Brasil, dan berbagai prestasi maupun penghargaan dunia. Pele meninggal pada 30 Desember 2022, Presiden FIFA bahkan sampai meminta pada setiap negara yang bernaung di bawah FIFA untuk memberi satu stadion di masing-masing negara untuk diberi nama Stadion Pele.

Namun ada pula berita yang viral adanya permintaan dari FIFA untuk memajang kaki Pele di museum. Dalam unggahan tersebut juga disebutkan bahwa FIFA sudah meminta izin kepada pihak keluarga Pele dan diizinkan.

FIFA sendiri membantah adanya pernyataan ini. Juru Bicara FIFA mengirim surel bantahan itu kepada Reuters. Pun Reuters tidak menemukan artikel maupun laporan dari TNT Sport yang dicatut dalam foto tersebut.


Unik dan menggelitik, bukan? Dan bila kita berpikir bahwa hanya terjadi pada nama-nama terkenal, itu salah. Beberapa kejadian pernah terjadi pada pemain yang bahkan tidak dikenal sama sekali. Seperti apa? Nantikan tulisan penulis pada bagian berikutnya!

Referensi:
https://www.kompas.com/sports/read/2022/11/23/06200098/arab-saudi-menang-atas-argentina-raja-salman-umumkan-libur-nasional?page=all
https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/5140372/cek-fakta-klarifikasi-pemain-timnas-arab-saudi-dapat-rolls-royce-usai-kalahkan-argentina-di-piala-dunia-2022
Diego Maradona Hand of God goal: The story of a legendary World Cup moment | Sporting News United Kingdom
https://turnbackhoax.id/2019/11/26/salah-demi-palestina-cristiano-ronaldo-sumbang-rp-217-miliar/
https://www.kompas.com/cekfakta/read/2023/01/05/150300282/cek-fakta–tidak-benar-fifa-akan-menyimpan-kaki-pele-di-museum

Loading


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share