Talkshow Antihoaks “Imun dari hoaks Sejak di Bangku Sekolah”

By :

|

|

Pada hari Selasa, 16 Juli 2019 MAFINDO Jombang bekerjasama dengan Radio Suara Jombang dan Info Seputar Jombang mengadakan Talkshow Antihoaks secara on air di Studio Radio Suara Jombang dengan tema “Imun dari Hoaks Sejak di Bangku Sekolah”.

Sasaran program ini adalah masyarakat umum di Kabupaten Jombang yang ada dalam jangkauan gelombang radio Radio Suara jombang. Akan tetapi cakupan audien dapat lebih luas karena program ini juga disiarkan lewat streaming di www.kominfo.jombangkab.go.id. Karena belum ada data dari kominfo  Kabuaten Jombang tentang jumlah pendengarnya maka jumlah peserta kegiatan ini juga belum dapat diidentifiksi.

Narasumber dalam kegiatan ini adalah relawan-relawan Mafindo Jombang yaitu Nuril Hidayah dan Erna Murti. Para narasumber menyampaikan pentingnya mengajarkan literasi digital sejak di bangku sekolah karena anak-anak sekarang sudah mengenal gadget sejak usia dini. Narasumber mengusulkan agar kurikulum literasi digital segera diimplementasikan. Kurikulum tersebut hendaknya mencakup aspek proteksi, hak-hak, dan pemberdayaan, di mana kesemuanya di arahkan untuk mengembangkan kecakapan digital citizenship, digital creativity, dan digital entrepreneurship. Selain itu, narasumber juga memaparkan 5 hoaks yang paling dicari klarifikasinya oleh netizen dalam minggu itu.

Kegiatan berjalan dengan lancar dan materi tersampaikan dengan baik. Selain itu, pihak Radio Suara Jombang menyediakan dokumentasi yang sewaktu-waktu dapat diputar ulang sesuai kebutuhan. Dengan lancarnya kegiatan ini diharapkan masyarakat mendapatkan pengetahuan tentang hoaks, apa saja yang sedang banyak tersebar, serta bagaimana fakta yang sebenarnya.


Share