Car Free Day “Kepo Itu perlu”

By :

|

|

Jakarta, 20 januari 2019. Konsistensi MAFINDO sebagai sebuah gerakan anti hoaks yang berbasis dari dan kepada masyarakat tidak diragukan lagi. Untuk kesekian kali, kami memeriahkan HBKB atau yang biasa dikenal dengan car free day untuk mengkampanyekan pentingnya wawasan terkait disinformasi dan misiformasi, serta pentingnya bijak bermedia sosial.

Tepat di bilangan Sudirman (Jl. Kota Bumi), kami mengajak masyarakat di sekitar untuk mengerti dan memahami klasifikasi dan ciri berita hoax. Kami juga melakukan beberapa kegiatan atraktif dan edukatif seperti dart dan bermain ular tangga. Permainan ular tangga ini mengandung konten pembelajaran mengenai media sosial, sehingga ketika masyarakat terlibat dalam permainan, mereka sekaligus mendapat pengetahuan terkait etika bermedia sosial dan berita hoax. Mafindo juga memperkenalkan aplikasi HBT (Hoax Buster Tool) yang bisa didownload melalui play store kepada masyarakat, dan banyak di antaranya sangat antusias menggunakan aplikasi tersebut di lokasi.

Tua dan muda, perempuan dan lelaki, semua masyarakat berkumpul dan tampak antusias dengan public campagin kami pagi tadi. Kami berharap untuk seterusnya bisa hadir dan menggandeng setiap elemen masyarakat untuk bersama melawan berita fitnah, hasut, dan hoax.


Share