Re-Launching Website Mafindo, Simak Apa Saja Fitur Terbarunya

By :

|

|

Mafindo–Peluncuran kembali website mafindo (mafindo.or.id) dikemas dalam acara Re-Launching dan Pelatihan Kontributor, Jumat 23 Februari 2024.

Peluncuran kembali mafindo.or.id ini dilaksanakan secara virtual, yang dihadiri oleh Presidium Mafindo, Dewan Etik, Komite, Perwakilan Wilayah serta unsur-unsur lainnya yang ada di dalam Mafindo. Kegiatan yang dibuka langsung oleh salah seorang Presidium Syifaul Arifin dimulai dengan pengantar singkat tentang latar belakang peluncuran kembali website Mafindo.

“Intinya dari kegiatan ini adalah ini website baru tapi lama, lama tapi baru”, kata Syifaul. Website reborn ini merupakan sarana informasi yang dibuat untuk mengakomodasi teman-teman dari wilayah, dari program, dan sebagainya, jelasnya lagi.

Re-Launching
Pemaparan tentang website reborn mafindo.or.id (foto:dok)

Harapan dengan diluncurkannya kembali website ini adalah membuka kesempatan teman-teman di Mafindo untuk berkontribusi terlibat sebagai kontributor, sehingga aktivitas serta seluruh kegiatan yang dilaksanakan baik secara program, wilayah maupun unsur lainnya dapat terpublikasi dan terdokumentasi dengan baik.

Apa Yang Bisa Diunggah di Website Mafindo ?

Lebih lanjut Syifaul menjelaskan juga apa-apa saja yang dapat diunggah atau dijadikan konten dalam website Mafindo. Menurutnya, website reborn ini menerapkan model terbaru, di mana terbuka bagi organ-organ yang ada di Mafindo untuk berkontribusi lebih, tidak lagi hanya orang-orang tertentu.

Berikut ini yang dapat dijadikan konten atau yang bisa diunggah:
1. Berita kegiatan workshop, seminar, diskusi, baik internal maupun eksternal Mafindo
2. Kebijakan: publisher rights, UU ITE, KUHP, ucapan pejabat/tokoh yang relevan dengan kepentingan publik
3. Tulisan tematik gaya hidup yang terkait literasi digital, hoaks, dsb.
4. Feature atau tulisan naratif tentang kegiatan FC, relawan pendamping masyarakat soal literasi digital, dsb.
5. Data Soal litdig, medsos, aktivitas digital, dsb.

Siapa Yang Bisa Jadi Kontributor?

Dalam peluncura kembali website Mafindo ini, Syifaul juga mengundang teman-teman Mafindo untuk menjadi kontributor. Konten-konten yang akan dipublikasikan dapat langsung diisi oleh kontributor melalui CMS, kemudian akan di-approve dan diedit oleh PIC website Dedi Saputra, kemudian jika sudah layak tayang maka akan dipublish oleh PIC. Dibalik reborn website ini ada Daniel Kawalo sebagai web developper yang telah mendesain ulang website menjadi lebih interaktif dan atraktif, jelas Syifaul.

Berikut ini daftar yang bisa jadi kontributor:
1. Wakil dari pengurus wilayah
2. Pelaksana Program
3. Komite
4. Organ di Mafindo

Setelah pemaparan dari salah seorang Presidium Mafindo Syifaul Arifin, acara dilanjutkan dengan pemaparan singkat tentang fitur-fitur website Mafindo yang disampaikan oleh Daniel Kawalo.  Daniel menjelaskan bahwa website ini terpacu semangat barunya dari website dari versi terdahulu, website ini sudah terstruktur dengan baik dengan tampilan terbaru. “Semoga dengan re-design ini dapat membantu teman-teman Mafindo serta dari luar lainnya untuk mendapatkan informasi”, kata Daniel.

Selanjutnya acara seremonial peluncuran kembali website Mafindo dengan menayangkan video re-launching, para peserta virtual zoom memberikan reaksi ucapan selamat atas re-launching.

Disela peluncuran kembali website Mafindo juga ada kuis yang dipandu oleh Host Arya. Setelah rangkaian peluncuran kembali website Mafindo, kegiatan dilanjutkan dengan Pelatihan bagi kontributor yang nanti akan berkontribusi dalam website mafindo.or.id.

Kegiatan pelatihan kontributor dipandu langsung oleh Daniel Kawalo dengan menjalaskan bagaimana cara membuat konten melalui laman CMS. Untuk membantu para kontributor juga disediakan materi atau User Manual Guide

 

Re-Launching
Sambutan Ketua Presidium Mafindo, Septiaji Eko Nugroho dalam kegiatan re-launching website Mafindo (foto:dok)

Pelatihan ini langsung diikuti peserta yang hadir dalam acara ini, yang nantinya menjadi kontributor. Dikesempatan yang sama juga telah hadir Ketua Presidium Mafindo Septiaji Eko Nugroho. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa Re-Launching website Mafindo merupakan salah satu amanat yang penting sejak silatnas 2022, bagaimana dapat berkomunikasi dengan baik antar internal Mafindo maupun dengan luar.

“website ini diharapkan dapat ketemu jodoh dengan mudah dalam konteks mitra organisasi, kolaborasi dengan instansi maupun lembaga”, jelas Septiaji.

Website ini dapat menjadi portofolio organisasi yang menjadi rujukan, serta media komunikasi yang baik antar internal maupun dengan dunia luar. “kami sangat apresiasi sekali kepada teman-teman dari komite publikasi dan media sosial serta Presidium Syifaul Arifin, serta tim yang terlibat, dengan terbangunnya website ini dengan wajah baru sehingga dapat lebih menarik dan ditelusuri dengan mudah menggunakan perangkat”, tutup Septiaji.

Acara ditutup dengan foto bersama secara virtual, semoga Website Reborn ini menjadi salah satu media komunikasi dan informasi yang baik bagi seluruh internal Mafindo maupun dunia luar untuk mendapatkan informasi tentang Mafindo.(DST)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share