HOAKS & MEDIA PERIODE 24 JANUARI – 30 JANUARI 2022

By :

|

|

#CekFakta #ProgramMedia #HoaksdanMedia #BincangTangkalHoaks #MediaTangkalHoaks #TurnBackHoax #MAFINDO

Media yang terverifikasi di Dewan Pers atau mempunyai alamat dan susunan redaksi yang jelas, ternyata masih cukup sering diserang hoaks loh. Selain itu, faktanya juga masih ada saja situs yang memproduksi dan menyebarkan hoaks.

Nah, berikut ini ulasan menarik seputar Hoaks & Media (HOMED) eps 54

Media yang diserang hoaks

1. HOAKS: Akun Facebook bernama Soulton Haji Halewale mengunggah postingan berupa tangkapan layar dari artikel media suara.com berjudul “Arab Saudi Kucurkan Dana Hibah 5 Triliun Ke Indonesia” yang tayang pada Senin, 10 Januari 2022.

FAKTA: Judul berita yang dimanipulasi. Pada artikel asli suara.com yang terbit pada 3 Juni 2020 berjudul “Arab Saudi Kucurkan Dana Rp7 Triliun untuk Membantu Yaman”.

2. HOAKS: Beredar tangkapan layar artikel, diunggah oleh akun Facebook Fritz Haryadi pada 27 Januari 2022 berjudul “Anies Baswedan Sindir Presiden Jokowi, Sebut Jangan Asal Kerja, Kerja, Kerja, Tanpa Gagasan. Harusnya Gragas Gragas Gragas Tanpa Kemaluan”.

FAKTA: Judul artikel telah disunting. Judul asli dari artikel tersebut adalah “Anies Baswedan Sindir Presiden Jokowi, Sebut Jangan Asal Kerja, Kerja, Kerja, Tanpa Gagasan” yang diterbitkan oleh media TribunSumsel.com.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share