Mafindo bekerjasama dengan Creative Festival (SCF) mengadakan sosialisasi bahaya hoaks

By :

|

|

Lawan Hoaks Dari Keluarga

Mafindo bekerja sama dengan Sragen Creative Festival (SCF) mengadakan sosialisasi bahaya hoaks pada Jumat, 26 April 2019. Kegiatan ini diadakan di Gedung Sasana Manggala Sukowati (SMS) Sragen bersamaan dengan acara Pameran Inovasi Pendidikan dan Kebudayaan Sragen yang digelar 26 – 28 April 2019.

Perwakilan Relawan Mafindo Solo, Johan Wahyudi yang menjadi narasumber, ditemani dua host dari SCF, yakni Mas Johny dan Mbak Luluk.

Johan menjelaskan bahwa hoaks mesti dijadikan musuh bersama, karena bisa memecah belah persatuan bangsa. Salah satu cara yang dipandang efektif adalah meningkatkan peran keluarga.

Keluarga perlu terbuka terhadap informasi yang diterimanya. Ayah, Ibu, dan anak-anak perlu dibangun semangat kebersamaan untuk saling mengontrol informasi yang diterimanya. Jika ada informasi yang meragukan, perlu ada anggota keluarga yang berani menegur kesalahan tersebut dan memberikan penjelasan.

“Jika anggota keluarga sudah mau memfilter informasi, itu sudah menjadi prestasi hebat. Adanya kesadaran bahwa informasi itu meragukan kebenarannya dan tidak menyebarkannya merupakan semangat membangun keutuhan negara. Ingat, hoaks justru sering terjadi di kalangan terdekat kita karena tidak ada orang yang menegurnya” kata Johan.

Dari keluarga, gerakan antihoaks perlu diintensifkan lewat komunitas. Anak-anak yang telah memiliki pengetahuan dan keberanian karena dididik oleh orang tuanya akan berani pula menyampaikan informasi yang benar kepada teman-temannya. Begitulah efek domino yang diharapkan dari gerakan antihoaks ini.

Antusiasme pengunjung mengikuti sosialisasi bahaya hoaks sangat bagus. Guru TK yang bernama Bu Lilik mengaku sangat senang menyimak acara ini. Seorang Kepala Sekolah bernama Pak Hartono turut berbagi pengalaman tentang hoaks yang terjadi di lingkungannya.

Beberapa pengunjung yang terkena “tembak kuis” turut memeriahkan acara. Begitu pertanyaan tentang bahaya hoaks yang diajukan narasumber berhasil dijawab dengan benar, hadiah pun diberikan.

Akibat asyiknya acara itu, kegiatan tersebut makan waktu melebihi jatahnya.

Narasumber saat sedang menyampaikan materi
Peserta yang hadir di acara Sragen Creative Festival
Johan Wahyudi (Relawan MAFINDO Soloraya) saat sedang menyampaikan materinya


Share