Cangkru’an bersama KPU dan Bawaslu “Ayo memilih Untuk Indonesia. Satu Suara Untuk Perubahan”

By :

|

|

Sabtu, 23 Februari 2019 MAFINDO Jombang memenuhi undangan PAC GP Anshor Jogoroto untuk turut sharing dalam acara Cangkru’an bersama KPU dan Bawaslu dengan tema “Ayo Memilih untuk Indonesia. Satu Suara untuk Perubahan (Golput Bukan Solusi)”.

Kegiatan yang diselenggarakan di Pendopo Kecamatan Jogoroto Jombang ini dihadiri oleh Kapolsek Jogoroto, PPK, Panwascam, UNIPDU, dan MAFINDO. Yang unik dari kegiatan ini adalah semua yang hadir merupakan narasumber dan diberi kesempatan yang sama untuk berbagi. Beberapa masalah pemilu dibahas, mulai dari hoaks pemilu, praktik politik uang, pemasangan APK, bagaimana meyakinkan orang untuk menggunakan hak pilih, hingga bagaimana tips dan trik menjadi pemilih cerdas.

MAFINDO berbagi tentang laporan pemetaan hoaks 2018 dan menunjukkan bahwa hoaks politik menempati ranking tertinggi sepanjang tahu. Melihat bahwa hoaks politik paling banyak mengangkat isu Pilpres, MAFINDO mengajak yang hadir untuk tidak terbawa arus hoaks politik yang tersebar di media sosial, dan tetap memberikan perhatian selain pada Pilpres juga pada Pileg. Selain itu, MAFINDO juga mengenalkan tools yang dapat dipakai untuk melakukan verifikasi informasi dan beberapa kanal informasi untuk mengenali calon wakil rakyat.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share