Tular Nalar Mafindo Edukasi Langsung Pada Masyarakat Saat Festival Balon Udara Sleman

[Siaran Pers] Sambut Pilkada: Tolak Hoaks, Google Dukung Tular Nalar Mafindo Edukasi Anak Muda Dan Lansia

By :

|

|

Tular Nalar Mafindo Edukasi Langsung Pada Masyarakat Saat Festival Balon Udara Sleman

Mafindo, Jakarta– Menjelang Pilkada serentak yang akan berlangsung pada akhir November 2024, Tular Nalar Mafindo, dengan dukungan dari Google.org, organisasi filantropi Google, meluncurkan rangkaian edukasi khusus yang ditujukan bagi kelompok anak muda dan lansia. Program edukasi ini akan berlangsung dari bulan Juli hingga Oktober di berbagai provinsi di Indonesia.

Santi Indra Astuti, Program Manager Tular Nalar, menyampaikan, “Melalui program Akademi Digital untuk lansia dan Sekolah Kebangsaan untuk anak muda, kami ingin meningkatkan kemampuan mereka menyeleksi berita yang tidak layak untuk diteruskan ke orang terdekat. Kesuksesan uji coba di Banjarmasin, Manado, dan Purwokerto memotivasi kami untuk memperluas inisiatif ini ke kota-kota lainnya. Saat ini, kami telah menerima pendaftaran dari 44 cabang Mafindo untuk 200 kelas pemilih pemula dan 100 kelas lansia, dengan setiap kelas terdiri dari 100 peserta.”

Menjangkau Masyarakat Secara Langsung

Selain dua program utama ini, Tular Nalar juga menghadirkan Bioskop Keliling yang bekerja sama dengan Jaringan Radio Komunikasi Indonesia (JRKI). Melalui platform ini, masyarakat dapat mengikuti berbagai kegiatan edukasi sederhana tentang cara memeriksa sumber berita terpercaya, termasuk pemutaran film pendek, games, dan talkshow singkat.

Film pendek yang diputar menggambarkan bagaimana berita bohong, misinformasi, dan ujaran kebencian dapat dengan mudah menyebar karena minimnya kesadaran untuk selalu mempertanyakan berita yang diterima. Penonton diajak mengenali tiga jenis kacau informasi yang sering dijumpai, terutama saat pemilu, yaitu: Kacau Isi, Kacau Diri, dan Kacau Emosi. Selain film pendek untuk kelompok anak muda, Tular Nalar juga akan segera meluncurkan film yang ditujukan bagi kelompok lansia.

Sebagai kick-off roadshow, Bioskop Keliling Tular Nalar diperkenalkan dalam acara Festival Balon Udara di Sleman pada 30 Juni 2024 lalu. Lebih dari 500 pengunjung mendapatkan edukasi tentang misinformasi dan cara menghindari penyebarannya melalui prinsip-prinsip seperti waspadai informasi yang diterima, kunjungi sumber informasi yang dapat dipercaya, dan cari informasi dari orang terdekat atau mencari pembanding.

Pada tahun 2023, Google.org telah memberikan hibah sebesar USD 2,5 juta kepada Tular Nalar untuk menjalankan program melindungi masyarakat dari misinformasi dan hoaks. Dalam dua tahun ke depan, Tular Nalar menargetkan membuka 500 kelas pelatihan di 38 provinsi di Indonesia, dengan sasaran 1,6 juta masyarakat yang terdiri dari 1,2 juta pemula, 300 ribu lansia, dan 100 ribu masyarakat umum.

Tular Nalar akan mengunjungi Banyuwangi pada 6 Juli 2024 untuk menggelar kelas Akademi Digital dan Sekolah Kebangsaan, serta Bioskop Keliling. Temukan keseruannya di media sosial Tular Nalar!

Siaran Pers dapat diunduh di .


Share