HOAKS & MEDIA PERIODE 31 JANUARI – 6 FEBRUARI 2022

By :

|

|

#CekFakta #ProgramMedia #HoaksdanMedia #BincangTangkalHoaks #MediaTangkalHoaks #TurnBackHoax #MAFINDO

Media yang terverifikasi di Dewan Pers atau mempunyai alamat dan susunan redaksi yang jelas, ternyata masih cukup sering diserang hoaks loh. Selain itu, faktanya juga masih ada saja situs yang memproduksi dan menyebarkan hoaks.

Nah, berikut ini ulasan menarik seputar Hoaks & Media (HOMED) eps 55

Media Daring yang Diserang Hoaks

1. HOAKS: Akun Facebook Joana Joana mengunggah tangkapan layar artikel berjudul “Nikita Mirzani Tantang tes DNA, Buat Buktikan Cucu Nabi. Hasilnya 100% Pasti Ngibul Dan Bohong Cucu Dajjal Saya Percaya”. Dalam gambar sampulnya tertera watermark media suara.com.

FAKTANYA: Gambar asli tangkapan layar tersebut bersumber dari artikel suara.com berjudul “Nikita Mirzani Tantang Tes DNA, Buat Buktikan Cucu Nabi” yang tayang pada 15 November 2020

Situs yang Menyebarkan Hoaks

1. HOAKS: Situs bernama nasional.live membuat artikel berjudul “Siap-siap Suntik Vaksin Dosis Ketiga, Tak Punya Kartu BPJS Kesehatan Wajib Bayar” yang tayang pada 9 Januari 2022.

FAKTA: Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan dr. Siti Nadia Tarmizi membantah informasi yang menyebutkan jika masyarakat yang tidak memiliki kartu BPJS Kesehatan wajib membayar untuk mendapatkan vaksin booster.

2. HOAKS: Beredar artikel berjudul “Innalillahiwainnailaihirojiun. Turut Berdukacita. Pesantren Alquran Terbakar, 26 Santri Dan Dua Guru Tewas Terpanggang, Mohon Bantuan Dan Do’a Nya” yang terbit di situs kuchingbloggers.com pada 2 Februari 2022.

FAKTA: BUKAN pesantren. Kejadian kebakaran di foto artikel itu adalah kebakaran Kantor Bupati Melawi, Kalimantan Barat (Kalbar), Sabtu (19/11/2016), sekitar pukul 05.00 WIB.


Share