HOAKS & MEDIA PERIODE 17 JANUARI – 23 JANUARI 2022

By :

|

|

#CekFakta #ProgramMedia #HoaksdanMedia #BincangTangkalHoaks #MediaTangkalHoaks #TurnBackHoax #MAFINDO

Media yang terverifikasi di Dewan Pers atau mempunyai alamat dan susunan redaksi yang jelas, ternyata masih cukup sering diserang hoaks loh. Selain itu, faktanya juga masih ada saja situs yang memproduksi dan menyebarkan hoaks.

Nah, berikut ini ulasan menarik seputar Hoaks & Media (HOMED) eps 53

Media yang diserang hoaks

1. HOAKS: Beredar melalui platform media sosial Facebook informasi terkait penetapan Manokwari sebagai kota Injil, yang berakibat larangan perempuan berhijab, adzan, dan pembangunan Masjid, dan turut mencatut artikel republika berjudul “Manokwari Kota Injil Jadi Alasan Pelarangan Berdirinya Masjid” yang tayang 22 September 2015.

FAKTA: Berita yang diterbitkan oleh Republika tidak menginformasikan terkait larangan perempuan berhijab, adzan dan pembangunan masjid. Melainkan terkait Pembangunan Masjid di Desa Arfai yang mendapat tentangan oleh sekelompok pemuda Kristiani.

2. HOAKS: Beredar postingan di Facebook oleh akun Muhamad Ilham di grup “PLANGA PLONGO”, menunjukkan hasil screenshot sebuah video berita dengan headline “Kejar Biawak, Pria Terjebak di Gorong-gorong” berlogo CNN Indonesia dengan menampilkan sosok Presiden Jokowi.

FAKTA: Bukan sosok Jokowi, dan sudah melalui proses penyuntingan. Gambar asli dalam headline berita CNN tersebut tampak pakaian berwarna merah, milik seorang pria yang terjebak di dalam gorong-gorong saat mencari biawak.

Situs daring yang menyebarkan hoaks

1. HOAKS: Beredar sebuah informasi terkait jadwal SIM keliling Kota Blitar 2022 oleh Polres Blitar melalui situs jadwalsimkeliling.info. Dalam narasi yang beredar, disebutkan beberapa lokasi yang akan menjadi tempat penyelenggaraan SIM keliling Kota Blitar.

FAKTA: Pihak Polres Blitar menyatakan bahwa situs yang beredar bukan milik Satlantas Polres Blitar dan informasi mengenai jadwal SIM keliling Kota Blitar hoaks.

2. HOAKS: Situs beritaindo[dot]xyz mengunggah sebuah foto jalan dan masjid yang rusak disebabkan oleh gempa. Artikel tersebut juga disertai dengan artikel yang berjudul “Gempa M 6,7 Guncang Banten, Terasa Hingga Jakarta, Bogor, Depok”.

FAKTA: Foto jalan yang rusak disebabkan oleh longsor di Yogyakarta pada tahun 2018 lalu, sedangkan foto masjid yang rubuh disebabkan oleh gempa di Banten pada tahun 2018 lalu.


Share