Mafindo Aceh

Mafindo Aceh Gelar kampanye Prebunking Bersama Santri Dayah Darul Ihsan Siem Aceh Besar

By :

|

|

Mafindo Aceh

Mafindo, Aceh Besar – Masyarakat anti fitnah Indonesia atau Mafindo Wilayah Aceh melaksanakan kegiatan Kampanye Prebunking Bersama santri Dayah Darul Ihsan Siem Aceh Besar (25/08/2024).

Kampanye yang merupakan hasil kolaborasi antara Mafindo, AJI, AMSI yang tergabung dalam Koalisi Cek Fakta dan didukung oleh Google News Initiatives bertujuan untuk memperkuat literasi media dan meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pentingnya verifikasi informasi, terutama menjelang Pilkada 2024. Pada masa ini, potensi persebaran gangguan informasi baik misinformasi, disinformasi, malinformasi serta ujaran kebencian meningkat tajam.  Harapannya melalui kegiatan ini Masyarakat dapat mencegah penyebaran informasi palsu atau hoaks.

Dalam sambutannya Destika Gilang Lestari selaku Koordinator Wilayah Mafindo Aceh mengatakan bahwa penyebaran berita bohong atau Hoaks menyebar secara luas di Media Sosial.  Lansia dan Orang Muda menjadi salah satu unsur penyebar berita bohong di sosial media. Oleh sebab itu Mafindo menyasar kelompok orang muda untuk memberikan edukasi tentang anti hoaks. “Hari ini kita akan mengenal berita hoaks diantaranya Mis informasi, Dis informasi, mall informasi dan belajar serta bermain games bersama dengan bersenang-senang” ujar Koordinator wilayah Mafindo Aceh.

Dalam pembukaan acara kampanye Prebunking Ibu Salmiati, M.Pd Wakil kepala sekolah Madrasah Aliayah Dayah Darul Ihsan mengucapkan terima kasih kepada Tim Mafindo Aceh yang telah memberikan kesempatan santrinya untuk belajar tentang berita bohong atau hoaks. “Acara Kampanye Prebunking sangat menarik karena kami bisa belajar tentang berita hoaks dan bagaimana mengatasi berita hoaks, acaranya seru dan tidak membosankan, harapannya kedepannya orang-orang bisa membedakan mana berita hoaks dan mana berita yang tidak hoaks “ sebut Siti Safiah Santri kelas 12 Dayah Darul Ihsan.

Kampanye Prebunking menggunakan strategi yang menarik yaitu dengan menyapa Santri Dayah Darul Ihsan dan meminta waktunya untuk mencoba melakukan permainan yang disiapkan oleh tim kampanye prebanking yaitu permainan ular tangga, board game dan Warnas (warung bahara dan barnas). Kampanye Prebunking bertujuan untuk Memberikan informasi dan pengetahuan terkait cek fakta dan literasi media; Memberikan vaksin antihoaks kepada para peserta agar dapat memprediksi dan mencegah hoaks sebelum muncul dan beredar.*.*


Share