[ACARA] SMKN 2 Depok Yogyakarta: “Penguatan Pendidikan Karakter: Bijak Bermedsos”

Mafindo

Sabtu, 5 Oktober 2019, Valentina Sri Wijiyati mewakili MAFINDO hadir berbagi di sesi “Penguatan Pendidikan Karakter: Bijak Bermedsos untuk siswa SMKN 2 Depok, Sleman, DI Yogyakarta. Turut hadir juga AKBP Verena dari Humas Polda DIY. Sejumlah 1.200 siswa mengikuti sesi dari tiga lantai masjid sekolah, piranti tata suara dan proyektor di masing-masing lantai membantu komunikasi narasumber dan para siswa.

Dalam kata pembuka, Dra. Hj. Habibah, Kabid Kesiswaan SMKN 2 Depok yang mewakili Kepala Sekolah menekankan betapa pentingnya warganet termasuk siswa SMKN 2 Depok menjaga jejak digital.

Selanjutnya Wiji membagikan paparan yang mencakup ekosistem media sosial kiwari, jejak digital dan pengaruhnya dalam pengambilan putusan (misal seleksi penerima beasiswa maupun seleksi karyawan), serta profil warganet yang bermartabat-beradab. Wiji juga menyampaikan ajakan siskamling digital yang diawali dengan pengenalan muatan negatif terutama hoaks, piranti untuk mengenalinya (terutama Hoax Buster Tools), serta kanal-kanal pelaporan yang bisa diakses oleh warganet. Tidak lupa juga aspek keamanan digital serta perlindungan warganet yang rentan. AKBP Verena menambahkan aspek hukum terkait bijak bermedsos.

Usai tanya-jawab, sesi ditutup pada tengah hari. Ibu Habibah berharap sesi PPK hari itu bisa menambah bekal para siswa untuk menyikapi informasi yang membanjir, juga untuk bersikap bijak di era informasi luring maupun daring. (VW)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share